KUALITAS TERBAIK

Program Studi

Apakah sama orang yang mengetahui dan yang tidak?

QS Az-Zumar (9)

Pendidikan Bahasa Arab

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab merupakan salah satu program studi di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Internasional Muhammadiyah. Berdasarkan Proses Bisnis Akademik dan Butir Mutu Kurikulum dan Proses Pembelajaran, prodi Pendidikan Bahasa Arab akan menerapkan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) berdasarkan KKNI dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) 2014 yang difokuskan untuk optimalisasi pengembangan proses pembelajaran dan sistem informasi melalui aktivitas penguatan capaian pembelajaran dan daya saing lulusan, yang meliputi peningkatan kualitas practical skills, peningkatan kualitas soft skills, peningkatan efektivitas pembelajaran dengan model Student Centered Learning (SCL) dan efisiensi penyusunan tugas akhir, sehingga lulusan program studi Pendidikan Bahasa Arab yang ditunjukkan pada profil lulusan memiliki daya saing di dunia kerja.

Visi

“Menjadi perguruan tinggi Islam yang unggul, inovatif, dan kreatif berlandaskan kepada Al- Qur’an dan Sunnah”

Misi
  1. Melaksanakan pendidikan dengan tujuan menghasilkan lulusan yang profesional dan akuntabel dalam bidang pembelajaran bahasa Arab yang berbasis pada teknologi informasi pendidikan dan pengajaran.
  2. Melaksanakan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang kompetitif di dalam dunia kerja.
  3. Melaksanakan pendidikan yang menghasilkan tenaga pendidik bahasa Arab yang memiliki kepribadian islami.
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian di bidang pembelajaran bahasa Arab dan mempublikasikannya.
  5. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat bidang bahasa Arab secara terintegrasi dan berkelanjutan.
  6. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta, dan lembaga pendidikan tinggi lain, baik dalam maupun luar negeri.
Tujuan
  1. Mencetak lulusan yang profesional dan akuntabel dalam bidang pembelajaran bahasa Arab yang berbasis pada teknologi informasi.
  2. Membentuk lulusan yang kompetitif dalam dunia kerja.
  3. Mencetak tenaga pendidik bahasa Arab yang memiliki kepribadian Islami.
  4. Mencetak lulusan yang professional dalam bidang penelitian
  5. Membentuk lulusan yang berguna bagi masyarakat dalam bidang pengajaran bahasa Arab.

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Masyarakat Indonesia dewasa ini memasuki suatu tahapan penting dalam perkembangannya, yaitu transpormasi menuju masyarakat modern, demokratis dan berperadaban. Selain usaha – usaha di bidang sosial, ekonomi dan politik yang dilakukan untuk mendukung berlangsungnya transpormasi itu, pendidikan tinggi juga memiliki peranan sangat penting dalam proses tersebut. Hal ini selaras dengan salah satu aspek dari tujuan bangsa Indonesia sebagaimana termaktub dalam konstitusi yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pendidikan tinggi merupakan salah satu media yang sangat penting untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas manusia Indonesia. Secara fungsional, pendidikan memberikan nilai tambah, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif kepada masyaraka. Masyarakat akan memperoleh ilmu pengetahuan lebih banyak dan lebih luas proses pendidikan itu, sekaligus akan mengalami transpormasi mental dan intelktual yang ditandai oleh semakin terbukanya wawasan dan sikap masyarakat dan semakin dewasanya cara berpikir dan tingkah laku mereka.

Tersedianya manusia – manusia berkualitas dan akan semakin mempercepat proses pembudayaan masyarakat. Mereka akan memberikan kontribusi dalam upaya – upaya pencerahan di berbagai bidang kehidupan masyarakat seperti sosial, politik dan ekonomi. Lasnya pengetahuan dan terbukanya sikap sosial masyarakat juga akan membantu berlangsungnya proses transformasi sosial kearah uang lebih baik. Manusia – manusia yang berkualitas tersebut juga akan membantu percepatan proses demokratisasi politik dana ekonomi. Dengan kata lain, pendidikan pada akhirnya akan mengantarkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang modern, adil, demokratis dan berperadaban.

Selain itu, terdapat aspek lain yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan arah masa depan bangsa, yaitu factor pendidikan agama, atau tepatnya pendidikan Islam. Pendidikan Islam diyakini akan mampu memberikan landasan yang kokoh bagi berlangsungnya pembangunan di Indonesia. Dengan kaitan ini pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan Islam akan menjadi suatu keharusan yang tidak bisa ditunda – tunda, karena disadari atau tidak saat ini keberadaan lembaga pendidikan Islam, mulai dari anak usia dini sampai dengan pendidikan tinggi memperlihatkan jumlah yang sangat banyak. Tetapi dari sisi lain mutunya masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Saat ini lembaga – lembaga pendidikan Islam menghadapi tantangan yang cukup berat, jika diakaitkan dengan upaya memenuhi kebutuhan masyarakat modern. Dalam banyak hal manajemen peningkatan mutu pendidikan Islam dirasa sangat penditing dan mendesak. Untuk itu diperlukan upaya – upaya pendidkan dan pelatihan manajemen peningkatan mutu pendidikan Islam.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dan menjawab persoalan – persoalan di atas ialah dengan melahirkan sebanyak mungkin pemikir, sarjana, ilmuan, pemimpin, manajer pendidikan yang secara konsisten bergulat dalam pemikiran, permenungan, eksperimen dan usaha – usaha inovasi lainnya. Mereka itulah yang bertanggungjawab untuk menggali, menafsirkan, menafsirkan ulang dan memasyarakatkan warisa, padangan dan pemahaman keagamaan secara ilmiah. Disamping itu merekalah yang juga bertanggungjawab dalam pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Internasional Muhammadiyah telah menetapkan visinya menjadi Perguruan Tinggi Islam Standar Internasional Berlandaskan Kepada Al Qur’an dan Sunnah. Untuk mencapai visi tersebut diperlukan langkah – langkah pencapaiannya yang dirumuskan dalam misi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Internasional Muhammadiyah yaitu Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia, Menyelenggarakan pengelolaan intititut yang amanah, Menyelenggarakan pembinaan civitas akademika dalam kehidupan yang Islami sehingga mampu beruswah hasanah, Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan.

Visi

“Menjadi pusat kajian dan pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidik anak usia dini yang Islami unggul, inovatif, dan kreatif”

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan tenaga kependidikan anak usia dini yang islami, profesional, relevan dengan tuntutan perkembangan anak, kemajuan pendidikan dan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pelayanan dan pembinaan pendidikan anak usia dini.
  3. Mengkaji dan mengembangkan pendidikan anak usia dini.